cara mengatasi 400 bad request di youtube | Gido

Advertisement

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway di Website

Apa itu 502 Bad Gateway?
502 bad gateway

cara mengatasi 400 bad request di youtube |
Gido

502 Bad Gateway adalah salah satu error yang tidak hanya biasa ditemukan terhadap WordPress, melainkan terhitung situs lain bersama platform berbeda. Dampak kesalahan ini dapat lumayan serius pengaruhi web Anda, khususnya berasal dari faktor penurunan visitor.

Apa yang menjadi penyebab 502 Bad Gateway? Berikut diantaranya:

Cache browser Anda
Permasalahan DNS
Plugin & template Anda
CDN
Log Error
Dalam tutorial selanjutnya ini kami akan membicarakan apa yang menyebabkan error 502 dan juga cara efisien untuk mengatasinya.

Pengaruh 502 Bad Gateway Bagi Website
Seberapa besarkah dampak 502 Bad Gateway bagi website? Mari lihat ulasan berikut.

1. Merusak Performa SEO
Error 502 Bad Gateway secara langsung pengaruhi performa SEO website. Reputasi situs pada search engine bakal makin lama terjun bebas sebab calon pengunjung terus menerus gagal membuka website.

2. Gagal Mendapatkan Pengunjung dan Konversi
Apa jadinya jika calon pengunjung tetap dihadapkan terhadap halaman Error 502 Bad Gateway? Tentunya, mereka menjadi kecewa. Beberapa mungkin mau berikan toleransi dan lagi terhubung website. Namun, banyak juga yang lebih mengucapkan selamat tinggal untuk selamanya.

Jika website gagal mendapatkan pengunjung, bagaimana mampu konversi terjadi? Itu artinya, efek 502 Bad Gateway benar-benar mengimbuhkan pengaruh negatif bagi situs sekaligus bisnis Anda.

Jenis Error 502

cara mengatasi 400 bad request di youtube |
Gido

Sebelum masuk ke cara mengatasi error, tersedia baiknya Anda menyadari berbagai type error 502 berdasarkan notifikasi yang dimunculkan:

Error 502
HTTP 502
502. That’s an error
502 Bad Gateway
502 Service Temporarily Overloaded
502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request
502 Proxy Error
HTTP Error 502 – Bad Gateway
Temporary Error (502)
Sekali lagi, sebab error 502 ini mampu terjadi terhadap beraneka platform, maka jenisnya pun beragam. Nah bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway
Kesalahan ini umumnya disebabkan oleh kasus terhadap server, tetapi tidak jarang karena kasus dari sisi situs sendiri. Dalam kesempatan ini kami bakal membicarakan penyebab dan juga langkah solusi melakukan perbaikan 502 bad gateway sehingga website Anda dapat diakses kembali.

1. Refresh Halaman Website
502 bad gateway
Hal yang pertama kali harus Anda melaksanakan disaat mendapatkan error 502 Bad Gateway adalah melakukan refresh halaman situs atau bersama menekan tombol F5 terhadap keyboard. Kemudian, silahkan menanti sampai sebagian menit ke depan. Kesalahan dapat disebabkan oleh server yang tengah overload.

Untuk jalankan pengecekan, silahkan akses website Anda melalui browser berbeda atau private browser.

Cara lain untuk mengeceknya, Anda dapat manfaatkan tool online seperti downforeveryoneorjustme.com. Jika Anda menghendaki paham lebih lengkap perihal tool untuk mengecek server, silakan baca artikel perihal tool untuk mengecek website down atau tidak.

2. Hapus Cache Browser Anda
502 bad gateway
Menghapus cache browser adalah cara lain untuk mengatasi kasus tersebut. Cara ini wajib Anda melaksanakan kegunaan memastikan error yang terlihat bukan berasal berasal dari halaman error yang tersimpan pada browser Anda.

3. Coba Ganti Browser
Ketika menghapus cache browser tak menyelesaikan masalah, cobalah untuk berpindah memanfaatkan browser lain. Mencoba berpindah ke mode incognito termasuk sanggup dilakukan. Cara ini dapat dijalankan untuk menegaskan apakah persoalan tersedia di browser itu sendiri.

4. Masalah pada DNS

cara mengatasi 400 bad request di youtube |
Gido

Penyebab lain berasal dari error 502 Bad Gateway adalah masalah pada DNS, andaikata terdapat nama domain tidak mengarah ke alamat IP yang benar. Kesalahan kerap berlangsung ketika Anda memindahkan website. Oleh sebab itu, Anda kudu menanti sampai 24 jam ke depan untuk menyelesaikannya.

Anda juga mampu melakukan flush DNS. Cara ini tidak jauh berbeda layaknya Anda menghapus cache browser.

Jika Anda belum mengatahui caranya, silakan mengikuti tutorial cara flush DNS.

5. Coba Gunakan Gadget Lain
Ketika penyebab 502 Bad Gateway tak terhitung teratasi, Anda wajib menjajal koneksi pakai gadget lain. Entah itu laptop, komputer, ataupun smartphone. Cara ini kudu dilakukan untuk menegaskan apakah kasus terletak di koneksi internet atau gadget yang Anda pakai.

6. Lakukan Pengecekan pada Layanan Hosting
Penyebab error 502 yang paling sering berlangsung biasanya disebabkan dikarenakan ada persoalan terhadap situs hosting yang Anda gunakan. Misalnya dikarenakan web site Anda amat banyak melakukan query.

Masalah ini biasanya lebih sering dialami oleh pengguna shared hosting, dimana terkandung script yang dapat menghentikan request berasal dari query web site Anda. Hal ini dijalankan guna menghambat server down dan berimbas ke pengguna lainnya bersama dengan server yang sama.

Jika error selanjutnya sebab kasus pada web site hosting yang Anda gunakan, kita menganjurkan Anda untuk beralih ke VPS, seperti fasilitas Cloud VPS Hosting Niagahoster.

7. Cek Plugin dan Template

cara mengatasi 400 bad request di youtube |
Gido

Plugin serta template Anda bisa jadi sumber persoalan error 502 Bad Gateway. Script maupun query dari website Anda sanggup saja dihentikan oleh proses server dikarenakan ada script terhadap WordPress yang bermasalah. Nah, sumber permasalahan tersebut sering ditemukan terhadap plugin atau template yang Anda instal.

Untuk menanggulangi perihal ini, Anda dapat melaksanakan pengecekan bersama dengan cara menonaktifkan seluruh plugin, kemudian coba akses web site Anda ulang sebelum akan meyakinkan error selanjutnya masih tersedia atau tidak.

Untuk menonaktifkan plugin silakan login ke dashboard WordPress lebih-lebih dahulu lantas memilih menu Plugins > Installed Plugins. Kemudian, berikan sinyal centang terhadap seluruh plugin, menentukan Deactivate pada menu dropdown dan klik Apply. Visualisasi penjelasan lebih lanjut bisa Anda melihat pada gambar di bawah ini.

502 bad gateway
Jika dashboard WordPress di WordPress hosting Anda tidak bisa diakses, penonaktifkan plugin bisa lewat FTP Client seperti FileZilla. Untuk menonaktifkan plugin, Anda sanggup mengubah nama folder plugins menjadi nama lain, bila plugins-nonaktif.

Selanjutnya, akses folder plugins bersama dengan cara masuk ke direktori utama instalasi WordPress Anda, kemudian membuka folder wp-content.

Jika error sudah tidak muncul, silahkan aktifkan lagi plugin Anda satu per satu lewat dashboard WordPress. Jangan lupa juga namai ulang folder plugins yang di awalnya udah Anda diubah.

8. Nonaktifkan CDN untuk Sementara
Jika web Anda pakai CDN layaknya CloudFlare, silahkan nonaktifkan untuk sementara kala dengan cara merubah nameserver CloudFlare bersama dengan nameserver hosting Anda.

9. Cek pada Error Log
Jika kemunculan error 502 bad gateway terhadap situs keluar sehabis Anda lakukan perubahan tertentu, maka kemungkinan besar pergantian itulah yang menyebabkan error. Melihat error log adalah tidak benar satu jalan untuk mengetahuinya.

Untuk mengaktifkan error log pada wordpress, Anda cukup mengimbuhkan sebagian line di bawah ke wp-config.

define( ‘WP_DEBUG’, true );
define( ‘WP_DEBUG_LOG’, true );
define( ‘WP_DEBUG_DISPLAY’, false );
Untuk memandang perubahan entry yang terjadi, Anda mampu mengakses file wp-contents/debug.log untuk menganalisa error yang terjadi.

10. Hubungi Customer Support
Cara ini adalah langkah paling akhir disaat permasalahan 502 Bad Gateway tidak selesai menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas. Jelaskan kronologi dan saat Anda menemui error 502 ini.

cara mengatasi 400 bad request di youtube |
Gido

Ketika Anda tengah browsing, Anda barangkali dulu mengalami sebagian error layaknya seumpama error establishing a database connection atau HTTP Error 500. Salah satu model error web yang paling sering berjalan dan Anda menyaksikan adalah HTTP 502 Bad Gateway Error. Ini adalah keliru satu type error yang tidak hanya berjalan pada situs WordPress, namun kadang juga berjalan di Gmail, Twitter, dan Cloudflare. Di artikel kali ini, kami bakal mengulas HTTP 502 Bad Gateway yang berjalan di web WordPress Anda dan solusi untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Membuat Website bersama WordPress

Arti 502 Bad Gateway Error
Setiap kali Anda datang ke sebuah website, browser Anda akan mengirim sebuah request atau permohonan ke website server. Web server kemudian dapat terima dan mengolah keinginan tersebut. Setelah itu, web site server akan mengirim lagi resource yang diminta seiring bersama dengan header HTTP dan HTTP status code. Biasanya, HTTP standing code tidak akan terlihat terkecuali kecuali ada sesuatu yang salah. HTTP status code bekerja sebagai notifikasi kecuali ada suatu hal yang salah. Angka yang Anda menyaksikan adalah kode yang mampu membantu Anda untuk mencari solusinya.

Salah satu model error code yang paling kerap dicermati adalah 500 status error codes (500, 501, 502, 503, 504, dsb). Setiap angka berikut mempunyai arti yang berbeda-beda. Kode-kode ini mengindikasikan bahwa request Anda ditermina, namun server tidak menginjinkan request untuk dipenuhi. 502 Bad Gateway adalah error yang mengindikasikan bahwa server yang bekerja sebagai gateway atau proxy, terima response yang invalid dari inbound server.

Baca juga: Panduan Lengkap Proxy

Variasi 502 Bad Gateway Error
Dengan banyaknya browser, web site server, dan operating system (OS) di luar sana, 502 bad gateway error mampu nampak bersama beberapa tampilan yang beda. Mereka semua miliki makna yang sama. Berikut ini adalah beberapa variasi 502 bad gateway error yang bisa saja akan Anda lihat:

502 Bad Gateway
HTTP Error 502 – Bad Gateway
502 Proxy Error
Error 502
HTTP 502
502 Service Temporarily Overloaded
That’s an error. The server encountered a temporary error and could not complete your request. Please try again in 30 seconds. That’s all we know.
502 Server Error: The server encountered a temporary error plus could not complete your request.
502 Server Error
502 – Web server received an invalid response while acting as a gateway or proxy server. There is a problem with the page you are looking for, and it cannot be displayed. When the web server (while acting as a gateway or proxy) contacted the upstream content server, it received an invalid response from the content server.
Layar putih
Ada juga web site yang punya tampilan mereka sendiri untuk menampilkan 502 Bad Gateway error. Ini sudah pasti muncul layaknya user-friendly.

Pengaruh 502 Bad Gateway kepada SEO

cara mengatasi 400 bad request di youtube |
Gido

Berbeda dengan error 502, yang digunakan untuk maintenance mode terhadap WordPress dan memberitahu Google untuk mengecek web site ulang di lain waktu, error 502 berpengaruh buruk segera ke SEO jikalau tidak cepat-cepat diatasi.

Jika website Anda mengalami downtime selama 10 menit dan website Anda di-crawl secara konsisten, crawler biasanya bakal meng-crawl halaman berikut berasal dari cache halaman tersebut. Tetapi jika downtime website Anda sangat lama apabila 6 jam lebih, maka Google mungkin dapat lihat error 502 yang perlu diperhatikan. Ini mampu merubah ranking website Anda di Google. Jika Anda cemas berkenaan ini, kita akan mengulas lebih dari satu cara mengatasinya.

Dewaweb Cashback 30%
Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Error
Error 502 bad gateway kebanyakan adalah masalah network atau server. Tetapi sanggup juga ini menjadi client-side issue. Jadi kita dapat mengkaji cara-cara menanggulangi 502 bad gateway error dari segi server maupun client. Berikut adalah sebagian cara menangani error 502.

Coba reload halaman web site dan hapus cache browser Anda
Langkah pertama yang kudu Anda coba dikala Anda mendapat pesan 502 bad gateway error adalah coba menunggu sepanjang minimal satu menit dan reload atau refresh halaman web Anda. Ada barangkali error 502 terlihat karena servernya overloaded dan web site akan aktif kembali. Saat Anda menunggu, Anda termasuk dapat coba terhubung web di browser lain untuk lihat apakah kasus ada pada website atau bukan. Selain itu, Anda terhitung bisa mengecek di downforeveryoneofjustme.com. Website ini akan memberi menyadari Anda kalau web site Anda down atau kasus ada terhadap segi client. Jika Anda telah me-refresh halaman web site dan tetap melihat error ini, Anda termasuk dapat melakukan langkah mudah lainnya yaitu bersama menghapus cache browser.

Masalah terhadap DNS
502 bad gateway error juga dapat berlangsung sebab terdapatnya isu pada DNS, seumpama domain tidak meresolve IP yang benar. Jika Anda baru saja memigrasi web site WordPress Anda ke hosting baru, Anda harus menanti selama paling tidak 24 jam untuk meyakinkan bahwa migrasi terjadi lancar. Ini tergantung dengan value TTL dari DNS Anda.

Anda terhitung dapat coba menghapus cache local DNS Anda. Cara kerjanya serupa bersama cache browser. Pada windows, Anda hanya wajib membuka command prompt dan masukkan kode berikut: ipconfig / flushdns. Jika berhasil, Anda dapat mendapat pesan “successfully flushed the DNS resolver cache”.

Bagi pengguna Mac, Anda bisa memasukkan kode tersebut ke terminal Mac Anda: dscacheutil – flushcache. Bagi pengguna Mac, Anda tidak dapat memandang pesan apa-pun setelahnya.

Terakhir, Anda bisa merubah server DNS Anda untuk sementara. Secara default, server DNS dapat secara otomatis dipilih oleh ISP atau provider internet Anda. Tetapi Anda mampu mengubah server DNSnya ke server DNS publik untuk kala waktu.

cara mengatasi 400 bad request di youtube |
Gido

Cek dengan hosting web Anda
Salah satu alasan utama mengapa kita mendapat pesan 502 bad gateway error adalah karena ada isu bersama dengan hosting website. Kadang, query, script, atau request bakal memakan sementara yang lebih lama oleh dikarenakan itu, request dibatalkan atau dimatikan oleh server. Kebanyakan hosting terlebih shared hosting mengimplementasikan “kill script”. Pada dasarnya, yang dimaksud bersama kill script adalah mereka bakal menghentikan request setelah lebih dari satu kala sehingga request ini tidak dapat merubah pengguna hosting lainnya.

Matikan CDN untuk kala waktu
Error 502 juga mampu berjalan sebab ada masalah bersama CDN. Jika Anda manfaatkan provider CDN pihak ketiga, salah satu caranya adalah untuk mematikan CDN Anda untuk kala waktu. Anda dapat login ke web site Anda melalui SFTP dan mengganti nama folder plugin ke cdn-enable_old. Ini akan mematikan koneksi CDN untuk saat waktu.

Baca juga: Panduan Dasar Cloudflare

Selain itu 502 bad gateway error termasuk mampu terjadi jika provider sedia kan dukungan dari DDoS dan juga fasilitas proxy seperti Cloudflare gara-gara mereka punya firewall extra di dalamnya. Error 502 sesungguhnya suka nampak pada sarana Cloudflare gratis. Sayangnya, sebab Cloudflare adalah layanan proxy yang full, tidak mudah untuk mematikannya.

Cek plugin dan theme web WordPress Anda
Pada biasanya kasus, alasan terjadinya pembatalan scripts dan queries oleh server adalah karena bad code di situs WordPress Anda. Ini bisa muncul dari plugin atau theme pihak ketiga. Selain itu, tersedia terhitung beberapa masalah di mana ada kesalahan konfigurasi plugin caching yang selanjutnya mengakibatkan 502 bad gateway error.

Salah satu langkah yang mampu Anda melaksanakan untuk bebas berasal dari masalah ini adalah dengan menon-aktifkan plugin Anda. Ingat, Anda tidak akan kehilangan data hanya dengan menon-aktifkan plugin. Jika Anda masih sanggup mengakses admin Anda, cara yang cepat adalah bersama menuju ke pilihan plugin dan memilih Deactivate dari menu bulk actions. Ini dapat segera menon-aktifkan semua plugin yang ada di website Anda. Jika ini merampungkan persoalan ini, Anda cuma tinggal melacak dari list plugin Anda mana yang sebabkan masalah ini. Coba aktifkan plugin Anda satu per satu dan reload web Anda setelah setiap aktivasi. Saat Anda memandang pesan 502 bad gateway error, bermakna Anda udah mendapatkan plugin yang membawa dampak error 502. Anda lantas dapat meminta dukungan berasal dari developer plugin untuk selesaikan masalah atau post sebuah tiket support di repository WordPress.

Jika Anda tidak bisa mengakses admin Anda, Anda mampu masuk ke FTP Anda dan mengganti nama folder plugin Anda jadi plugins_old. Setelah itu coba cek ulang websitenya. Jika ini bekerja, artinya Anda tinggal mengetes tiap-tiap plugin. Kembalikan folder plugin Anda ke nama “plugins”. Setelah itu pindah nama masing-masing untuk lihat plugin mana yang bermasalah.

Simpulan
Seperti yang Anda memandang ada sebagian perihal yang mampu Anda melaksanakan untuk menangani 502 bad gateway error untuk web WordPress Anda. Biasanya ini bukan di sisi klien, melainkan kasus bersama host Anda. Plugin dan tema pihak ketiga bersama bad code atau query yang tidak dioptimalkan terhitung merupakan hal yang wajib diperhatikan. Jika Anda tetap tersedia pertanyaan atau mengidamkan share cara-cara mengatasi 502 bad gateway error yang barangkali terlewatkan di artikel ini, tinggalkan di kolom komentar di bawah ini ya!

cara mengatasi 400 bad request di youtube |
Gido

Menjalani dunia blog dan web site sebenarnya penuh lika liku. Terlebih bagi pemula, dunia digital kadang kala penuh tantangan, tetapi terhitung menyuguhkan banyak solusi sehingga kamu bisa terbantu bersama mudah. Nah, tidak benar satu kendala atau halangan yang paling ditakuti oleh para pegiat situs adalah kala kamu dihadapkan terhadap 502 bad gateway. Apa yang dimaksud bersama 502 bad gateway? Secara sekilas, ia merupakan situasi di mana pengelola website maupun pengakses website dihadapkan pada keadaan blank supaya web site tidak bisa dioperasikan lagi. Begitu pula orang-orang yang idamkan mengakses website atau blog, bakal terhambat gara-gara kondisi blog hanya ada postingan 502 bad gateway.

Jika kamu mengalami 502 bad gateway, jangan panik dan putus asa. Kondisi berikut sesungguhnya menjengkelkan dan pastinya membawa dampak kamu jadi sedih. Apalagi kecuali web site yang kamu kelola amat berpengaruh untuk eksistensi bisnis kamu. Pastinya keadaan 502 bad gateway bakal amat merugikan. Jangan segera panik, dikarenakan segala masalah pasti ada solusinya. Jika kamu dihadapkan terhadap kasus 502 bad gateway, ada lebih dari satu langkah yang dapat anda tempuh untuk mengatasinya. Namun sebelum kami menginjak pada pembahasan cara menangani 502 bad gateway, tersedia baiknya kita sadar pernah penyebabnya. Seperti dokter yang mengimbuhkan resep, kita disyaratkan untuk terlebih dahulu mendeteksi penyakitnya, bukan? Oleh gara-gara itu, yuk kita telisik penyebab 502 bad gateway dalam uraian selanjutnya ini.

Penyebab 502 Bad Gateway Beragam
penyebab 502 bad gateway
Sumber: Pixabay
Satu perihal yang wajib kamu ketahui, 502 bad gateway sanggup dialami oleh seluruh website, juga website yang dimiliki perusahaan besar dan mapan layaknya Google dan Twitter. Penyebabnya ada banyak, supaya kita perlu terampil mencarinya. Jika web site anda error termasuk tidak melulu bertuliskan “502 bad gateway”.

Bisa termasuk pemberitahuan error itu ditampilkan didalam kata-kata yang lain, andaikan “HTTP Error 502 Bad Gateway”, “502 Service Temporarily Overloaded”, “Error 502”, “502 Bad Gateway NGINX” dan sejumlah tulisan lainnya, mengatur bersama dengan penyebabnya.

Baca juga: Panduan Custom Error Page di cPanel

Deteksi Server Setup Terpopuler
penyebab 502 bad gateway
Sumber: Pixabay
Langkah selanjutnya, deteksilah server setup terpopuler. Misalnya, jika kamu memakai web site WordPress, maka ia bakal melibatkan server database, server aplikasi dan juga Reversed proxy server. Yang disebut ketiga ini (reversed proxy server) dikenal juga dengan sebutan gateway. Ia berperan menggerakkan software, di antaranya software Nginx (dibaca Engine-X), Apache, dan Varnish.

Ketika anda mengakses web site melalui browser, secara otomatis tersedia permintaan untuk mempersiapkan data-data yang dibutuhkan supaya halaman tampil secara lengkap bersama dengan fitur-fiturnya. Permintaan itu dikirimkan ke semua server. Nah, kala server menerima respons yang tidak valid dari upstream server, itulah penyebab 502 bad gateway.

Pesan 502 bad gateway itu secara singkat mewakili suara berasal dari reverse proxy server yang mendambakan mengungkapkan bahwa ia telah mencoba namun selalu saja gagal terima konten yang diminta. Pengungkapan didalam wujud 502 bad gateway ini terhitung jadi pembelaan, karena ia udah disalahkan oleh upstream server.

Singkat kata, penyebab 502 bad gateway yaitu udah berjalan miss komunikasi antar-server. Kesalahan komunikasi tersebut tentu saja di luar kontrol kamu. Penyebab lainnya dari 502 bad gateway yaitu terjadi kerusakan terhadap satu atau semua upstream server, server mengalami kelebihan muatan, terdapat bug di script PHP, cache browser bermasalah, serta gangguan jaringan. Penyebab lainnya yaitu disebabkan ada persoalan di Content Delivery Network (CDN) atau tersedia kasus berkaitan proses nama domain.

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway
penyebab 502 bad gateway
Sumber: Pixabay
Setelah jelas penyebabnya, mari kita beranjak ke sistem selanjutnya, yakni menanggulangi 502 bad gateway. Tentu saja perihal ini bakal mengembalikan situasi web site kamu layaknya sedia kala. Yuk mengikuti beberapa langkah selanjutnya ini bersama hati tenang dan kepala dingin. Mudah-mudahan bersama dengan cara-cara yang bakal disampaikan ini, persoalan 502 bad gateway segera teratasi.

Reload Web
Perlu kamu ketahui, error 502 bad gateway bukan berupa permanen, melainkan sementara saja. Ia juga tidak mengakibatkan kerusakan sistem secara keseluruhan. Melakukan reload web site akan mengembalikan keadaan situs kamu ulang normal, dikarenakan mampu menjadi penyebab 502 bad gateway karena server asal udah berlebihan muatan dengan kata lain overload, sehingga mesti disegarkan kembali.
Sembari tunggu web web anda kembali normal, anda dapat laksanakan cara tersebut ini. Menyalin dan menempelkan URL situs anda ke tool isup.me. Di sana kamu dapat mengecek apakah error 502 bad gateway cuma terjadi untuk anda sebagai pengelola, atau error terhitung mengganggu orang-orang yang mampir ke web site kamu. Apabila pesan error cuma berjalan untuk pengelola, waktu pengunjung web site dimanapun mereka berada tidak merasakannya, maka cobalah membuka web site anda lewat browser yang lain.

Menghapus Cache Browser
Jika cara pertama tidak berhasil, maka menghapus cache browser sanggup jadi langkah setelah itu yang efektif. Cache merupakan file yang tersimpan di server sebab kamu terhubung website untuk kesekian kalinya. Jadi cache secara otomatis memudahkan anda dapat menerima tampilan website secara komplit tanpa wajib menyebabkan server bekerja berulang-ulang.
Meski bermanfaat, cache terhitung sanggup mengakibatkan web site kamu menjadi berlebihan muatan atau overload. Maka berasal dari itu, penghapusan cache akan mendukung situs meringankan file, dan masalah 502 bad gateway berpeluang cepat teratasi.

Menyetel Ulang (Restart) Jaringan Internet
Jika cara pertama dan kedua belum terhitung sukses menangani penyebab 502 bad gateway, jangan langsung putus harapan. kamu bisa jalankan langkah setelah itu yaitu menyetel lagi jaringan internet kamu. Sebab bisa jadi, kekeliruan yang mengakibatkan 502 bad gateway disebabkan kesalahan di perangkat jaringan.
Misalnya, anda gunakan router sebagai perangkat jaringan internet. Di luar kendali, gateway router kamu mengalami kendala atau eror. Jika penyebab 502 bad gateway dikarenakan ini, maka cara merestart nya lumayan sederhana. Kamu cukup mencabut kabel power jaringan internet, lantas menunggu kurang lebih satu menit. Selagi menunggu, anda juga bisa merestart pc kamu. Setelah itu, ulang pakai atau tancapkan kabel router kamu, dan cobalah ulang terhubung web kamu.

Matikan CDN untuk Sementara Waktu
CDN merupakan singkatan berasal dari Content Delivery Network. Ia merupakan fasilitas yang berfaedah menambah performa situs. Salah satu product CDN yang paling baik adalah CloudFlare. Namun, CDN versi yang gratis kadangkala menjadi penyebab 502 bad gateway. Nah, jika anda mengalami 502 bad gateway, kemungkinan yang jadi dalang penyebabnya adalah CDN. Maka jikalau langkah satu hingga tiga belum berhasil, coba mematikan CDN untuk selagi waktu. Setelah itu, coba cek ulang website kamu apakah eror udah berhenti atau masih berlanjut.

Menunggu Proses Peralihan Provider Web
Kesalahan IP Address terhitung merupakan penyebab 502 bad gateway. Jika domain kamu tidak menampilkan alamat IP yang valid, maka pesan error yang ditemui dengan 502 bad gateway akan muncul. Ini bisa saja terhitung terjadi gara-gara anda baru rubah dari hosting lama ke provider hosting yang baru. Sementara pemindahan itu perlu saat dari 12 sampai 36 jam, dikala anda idamkan mengakses website di rentang saat tersebut, maka anda bakal menerima pesan 502 bad gateway. Jalan satu-satunya kecuali ini terjadi, bersabarlah menanti sampai proses pindahan provider selesai, dan jangan menghentikan propagasi domain hingga proses berikut berhasil.

Baca juga: HTTP Error 500 dan Solusinya

Kesimpulan
Pada intinya, menanggulangi 502 bad gateway tidak sangat sukar dan jangan dianggap sebagai perihal yang menakutkan. Bagi para pemula di bidang pengelolaan web, rajin-rajinlah berkonsultasi bersama dengan yang udah berpengalaman. Misalnya bersama dengan berkonsultasi bersama dengan domainesia.com. Semoga artikel ini bermanfaat!

Advertisement
cara mengatasi 400 bad request di youtube | Gido | admin | 4.5